Saturday, August 28, 2010

KRISTEN KAIN KEJADIAN 4:16 -26

Kej.4:16 UNDUR KE NOD.-Kain berdosa, lalu ia undur dari hadapan Tuhan, ini tindakan orang yang tidak cinta Tuhan. Waktu Daud berdosa, ia justru minta jatuh kedalam tangan Tuhan 2 Sam. 24:14. Jadi jika seorang anak Tuhan berdosa, jangan lari dari hadirat Tuhan tetapi justru tinggal dekat Tuhan. Jangan mau ditnggal oleh Roh Tuhan Maz. 51:13 Jangan mau ditpu oleh iblis. Pada masa lemah bahkan jatuh dalam dosa, jangan lari dari Tuhan, malah dimangsa iblis bila lari dari Tuhan. Ingat 2 Kor. 12:9-10. Segera mengaku dan bertobat, minta ampun dan jatuh dalam tangan Tuhan dan tetap melawan iblis Yak. 4:7, bukan dengan kekuatan sendiri tetapi dengan anugrah Tuhan, maka pada saat itu kita akan kuat. Kain menyesali dosanya, tetapi tidak bertobat ini seperti Yudas, Mat. 27:3 ia justru keluar dari hadirat Tuhan. Kain tentu mendengar tentang taman Eden dari bapanya. Ia ingin pergi ketaman Eden dengan kekuatannya sendiri. Saat itu Eden masih ada, tetap tidak boleh masuk Kej. 3:24.
Maka Kain tinggal ditimurnya. Kain berpikir dengan kekuatannya sendiri, ia dapat hidup senang di Eden, sekalipun tanpa Tuhan. Begitu juga dengan orang yang tidak bertobat sungguh2,mereka tetap dalam kehendaknya sendiri dan berusaha sendiri mencapai Eden, namun mereka hanya sampai di Nod(timur dari Eden)jadi bukan di Eden. Nod=pelarian; mengembara; kesukaan yang dicari sendiri diluar kesucian Tuhan (dalam dosa).Sekalipun kita tinggal didunia bukan diEden, tp dalam hadirat Tuhan kita dapat kembali ke Eden. Diluar Tuhan tidak ada Eden, diluar Tuhan tidak ada damai sejati. Jangan meniru Kain, tetaplah didalam Tuhan dalam segala keadaan, itu yg paling baik. Dalam keadaan dosa justru perlu tabib Mat.9:12.

JADI JANGAN PERGI KE NOD, SEBAB DISITU JUSTRU MENJADI MANGSA IBLIS.
Kej.4:17.Kain membangun negri Henokh. Berbeda dengan Abraham. Dimana Abraham sampai, ia membangun mezbah Kej. 12:7;13:3 Kain tahu bahwa mezbah itu diperkenan Allah, seperti mezbah Habil adiknya yang dibunuhnya, Tetapi Kain tidak membangun mezbah yang diperkenan Allah, melainkan membangun sebuah negri memperkenankan dirinya dengan harapan yang lebih stabil dan lebih kuat Maz. 49:12-18. Jadi orang yg keluar dari Tuhan membangun kemulian diri sendiri. Ada yg membangun benteng uang Ams.18:11; Luk.12:19-20. ada yang meneguhkan tahta/kedudukannya dengan macam cara, membangun negri ijazah, membangun negri senjata, 1Sam. 17:45; Maz. 44:7.dsb. TEMPAT YANG PALING AMAN DAN INDAH ADALAH DALAM NAMA TUHAN Ams. 18:10. Bangunlah mezbah seperti Abraham membangunnya, itu lebih indah dan berusaha memperkenankan Allah, itu tidak sia – sia 1Kor. 15:58. Bangunlah kemuliaan nama Tuhan dalam diri kita, cari kehendakNya, lakukan kehendakNya. Berdoa, pakai hidup dan seluruh kemampuan, harta, waktu kita untuk berbuat kehendak Bapa, itu sungguh tidak sia-sia. BIARLAH HIDUP INI UNTUK KEMULIAAN NAMA TUHAN Fil 1:21.
Kej. 4:18. Turunan ke–7 dari Adam lewat Kain dan Set. Dosa Kain bertambah terus dan mencapai puncaknya pada keturunan ke-7. Bandingkan lewat Set, turunan ke-7 mencapai kesempurnaan didalam memperkenankan Allah, sehingga diangkat Tuhan akan Henokh Ibr.11:5.Kita mengerti dimana dosa / kesucian dapat tumbuh menjadi sempurna. Percayalah akan Firman Allah, belajar taat dan tumbuh didalam Tuhan / tumbuh didalam iman, maka kita akan sampai kepada kesempurnaan menurut kehendakNya. Tuhan itu adalah Penjunan, kita hanyalah bagaikan tanah liat saja Yes.64:8. Allah mulai mengangkat seseorang dari lumpur dosa, dan mengolahnya sampai menjadi sempurna seperti Dia sendiri. Hal ini bukan karena kuat dan gagah, tapi oleh Roh Kudus Zak.4:6. Sebaliknya orang yang hidup dalam dosa, perlu mengerti bahwa dosa itu dapat tumbuh. Amsal 6:27-28. bahkan akhirnya sampai garis kematian Ibr.10:26-27. semua dimulai dari dosa kecil. Sebab itu jangan beri tempat kepada iblis.
PELIHARA HATIMU SUPAYA IBLIS JANGAN MENUMBUHKAN DOSA. Efesus 4:27.
Kalau dosa tumbuh, maka pikiran manusia yang penuh daya cipta itu akan menciptidakan macam-macam bentuk dosa baru dan makin keji.
APA YANG MEMBUAT DOSA BERKEMBANG PESAT? :
1.Keras hati.-Sekalipun tinggal dalam pengajaran dan mujizat seperti Kapernaum
akan menjadi sempurna dosanya spt Sodom-Gomora. Sbab tdk mau bertobat Mat.11:20.
Jangan keras hati sebab itu amat bahaya.
2.Perasaan hati yang rusak (pura-pura).1Tim 4:2. Membuat kandas imannya, seperti
Himeneus dan Alexander yang telah diserahkan kepada iblis. 1Tim.1:18-20.
3.Berdosa dalam roh.-Kalau seorang trus menerus berdosa dan tdk mau bertobat,
iblis akan masuk menguasai- nya. Luk.22:3. Berdosa dalam roh itu tidak ada
batas-batasnya dan lagi langsung menuju dosa yang sempurna, jahat dan ngeri.
Sebab itu jangan main-main dengan kuasa gelap/perdukunan /Ocultisme/klenik
HIDUPLAH DALAM KESUCIAN DAN BERJALAN DALAM PIMPINAN ROHKUDUS.