Saturday, August 21, 2010

PERKASA DALAM KRISTUS MAZMUR 18:32-36

Pendahuluan
Banyak orang Kristen begitu mudah lemah dan susah, itu berarti bahwa ia tidak mengerti kedudukannya sebagai anak Tuhan. Kedudukan sebagai anak Tuhan itu luar biasa. Didalam Tuhan itu banyak berkat yang luar biasa Ep. 1:3. Sama seperti seorang menjadi anak angkat raja didunia ini, hal ini akan mengubahkan seluruh riwayat hidupnya, pikiran, sikap, dan pendiriannya. Begitu pula hidup kita. Jangan seperti anak sulung yang susah terus padahal sebetulnya ia memiliki banyak hak tetapi tidak dipergunakan karena kebodohannya Luk.15:31. Daud mengerti berkat Tuhan yang luar biasa, sekalipun ia hidup dalam Perjanjian Lama, sebab itu ia bersorak sorak luar biasa, memuji Tuhan dengan tak habis-habisnya karena bagi dia begitu besar arti Tuhan itu. Demikian juga seharusnya, kita dapat bersuka cita senantiasa dalam Tuhan. Pil.4:4

Ayat 32. siapakah Allah selain Tuhan?
Tiada Allah selain Tuhan Yesus, hanya Dialah yang patut kita sembah. Dia Maha Kuasa, sembahlah Dia habis – habisan dan taatilah Dia. Dialah gunung batu kita, sebab itu kita tidak perlu takut terhadap serangan serangan kuasa gelap, walaupun kita lemah seperti kelinci yang tak berdaya kita dapat lari dan aman pada gunung batu Ams. 30:26. Sekalipun kita tidak dapat melihat Tuhan dengan mata jasmani kita, percayalah akan Allah sebagai perlindungan yang teguh. Berulang-ulang Daud memuji – muji Allah sebagai gunung batunya Maz. 18:3; 28:1; 62:3; 94:22. Tuhan betul-betul dapat dipercaya. Serahkanlah segala kuatirmu kepadaNya 1Pet. 5:7 jangan takut. Dalam masa masa kelemahan pakailah iman dan tetap bersyukur dan memuji Tuhan sebagai gunung batu. (Nyanyilah misal Allah mana seperti Allahku). Jangan mau ditakut-takuti oleh segala ancaman. Pujilah Tuhan dan lihat/dengarlah apa yang Tuhan suruh kita lakukan/perbuat (kalau ada), lakukan itu maka kita aman dalam Dia.
Ayat 33. Menjadikan kita perkasa, dan menyempurnakan jalan kita.
Allah yang mengikat pinggang sehingga kita menjadi kuat.
Allah menghendaki supaya kita kuat Ep. 6:10 Roh Kudus membuat kita kuat. Waktu Roh Kudus turun kepada Saul, takutnya hilang sama sekali untuk melepaskan orang Gilead dari bani Ammon. 1Sam 11:6. Simson juga kuat oleh Roh Tuhan. Tetapi setelah Roh Tuhan undur,dia menjadi lemah dan hasilnya nihil Hak.16:20. Jadi kita menjadi kuat sebab Tuhan didalam kita, bukan karena kita sendiri.
Tanpa Allah kita menjadi sia – sia.
Kalau kita hidup benar dan Roh Tuhan didalam kita maka kita menjadi kuat seperti singa muda Ams. 28:1. Tidak takut menghadapi problema dan kesukaran.

Mematutkan jalan kita.
Dia lebih mengerti jalan kita daripada kita sendiri. Maz. 25:12. Ams. 16:9. Kita tak perlu kuatir berjalan dengan Allah, tak perlu tegang. Berjalan dengan Allah itu suatu cara hidup baru. Mungkin 1 – 2 kali bisa tergelincir, tapi tidak perlu kuatir sebab Tuhan akan menolong dan mematutkan jalan kita Maz. 37:23-24. misal Abraham pernah tergelincir di Mesir dan hampir-hampir hancur. Andaikata Sarah jadi dijamah Firaun tak mungkin Ishak lahir lagi. Tetapi Allah langsung menolong memperbaiki sehingga menjadi bebas kembali, bahkan banyak membawa jarahan Kej. 12:17. sebab itu berjalanlah dengan Allah.
Ayat 34. Bagaikan kaki rusa dan berdiri dibukit.
Bersama dengan Tuhan itu sangat heran. Kaki yang lemah itu dapat berlari begitu cepat, kuat dan tangkas seperti rusa. Luar biasa. Hab 3:19. Untuk apa kaki yang cepat seperti kijang? Biasanya kijang lari sangat cepat waktu dikejar musuh dan lepas. Setiap kali kita dikejar musuh, bahkan rasa – rasanya hampir kena tangkap tetapi Tuhan memberi kaki dan kita dapat lari dengan cepat. Jadi jangan gelisah dan khawatir, Tuhan segera dapat menolong kita. Misal Daud mengalami pertolongan Tuhan. 9 kali Saul hendak membunuh Daud, terakhir 1Sam 27:4.Beberapa kali Daud hampir kena tetapi Daud terlepas dari Saul. Dapat berdiri dibukit. Ul. 32:13; 33:29. Tuhan akan memimpin kita kita ketempat yang indah, mulia, yang tinggi, bukan tempat yang jelek/celaka. Jangan ambisi/gila hormat, tetapi tunggulah planning Allah berdoa dan belajarlah Firman Allah. Allah punya rencana bagi anakNya 1Kor.12:6
Ayat 35. Diajar berperang.
Daud kagum, bagaimana ia tidak pernah berperang, dapat langsung berperang dan menang dan tak pernah kalah. Tuhan mengajar Daud berperang? Tidak disebut. Tapi dalam Maz 1:1-3. siang malam ia memikirkan hukum hukum Allah sehingga Daud dekat dengan Allah dan dipimpin oleh Allah dan menang.