Saturday, September 25, 2010

PENJAGAAN DAN PERTOLONGAN TUHAN MAZ. 121:1-8

Pendahuluan.
Kita hidup dalam dunia ini adalah dunia yang penuh dosa dan kejahatan, rasa-rasanya begitu ruwet dan datangnya tak terduga, tetapi kita tak perlu takut, sebab dunia yang ruwet dan penuh dosa ini tetap dikuasai Tuhan , tak ada satupun yang kebetulan. Jangan takut atau kuatir sedikitpun, hal hal tersebut tidak akan sampai kepada orang orang yang tidak diizinkan Allah. Dosa yang begitu limpah tak akan kena pada kita. Bela yang melanda dunia ini akan luput dari orang orang Israel yang memegang Paskah. Yang penting Tuhan mengatur kita dan kita mau diatur Tuhan. Kalau Israel tidak mau diatur Tuhan, mereka menanggung resiko sendiri.
Saul dibiarkan Tuhan karena dia keras hati, tidak mau diatur Tuhan, kemudian kalah dalam perang sampai mati. Pertolongan Tuhan tidak turun kepada Saul.

Siapa sajakah yang ditolong Tuhan?
1.Orang yang berharap sepenuh kepada Tuhan. Pemazmur ini memandang ke gunung-gunung. Kegunung-gunung disini ialah Bait Allah di Yerusalem Maz.125:2. (Juga Daniel berdoa ke kiblat Yerusalem Dan.6:11). Hal ini adalah orang yang sepenuhnya harap pada Tuhan dan tidak lagi pada yang lain. Ams.3:5. Serta ia mau menyesuaikan dirinya. Jangan berharap pada manusia, akan kecewa. Yes.2:22. Bahkan terkutuk Yer.17:5. Selamat itu milik Tuhan. Selamat yang betul adalah monopoli Tuhan. Yun.2:9. Jadi berharaplah sepenuhnya kepada Tuhan, Tuhan pasti menolong dan menjagainya.
2.Orang yang takut akan Tuhan. 2Taw.16:9.; Maz.34:7.
3.Orang yang hidup benar seperti Ayub, dilindungi Tuhan, bahkan berlapis-lapis. Didalam ujian, rasanya-rasanya seperti ditinggalkan oleh Allah, tetapi sebetulnya tetap dilindungi. Celaka yang datang sudah diukur Allah, tidak lebih dari kekuatannya IKor.10:13 maksudnya supaya menjadi lebih indah, meningkat. Bahkan anak Allah yang diajar Allah, dipukul, itupun masih ada ukurannya. Israel dibuang 70 tahun, Yunus dilempar dalam laut, tetapi jiwanya masih dipelihara. Allah masih mengikuti terus sampai bertobat kembali, atau berkeras hati total akhirnya binasa.
Orang yang benar dipihak Allah, Allah menyertai mereka, tidak perlu takut. Roma 8:31. Bahkan waktu Israel berperang, Tuhan melihat Yehuda yang taat dan ditolongnya. 1Taw.13:15.
4.Orang yang mempunyai iman akan Allah. Yefta anak buangan, tetapi mempunyai iman akan Allah, maka ia selamat dan menyelamatkan orang lain. Hak.11:30. Iman itu penting, orang benar hidup oleh karena iman. Sebab itu orang yang mempunyai iman, betul-betul ditolong Tuhan. Bacalah janji-janji FA sampai Roh Kudus menghidupkannya dalam iman kita Roma 10:17.
5.Orang yang didoakan dalam doa syafaat, ditolong Tuhan karena mendapat kesempatan extra karena doa syafaat Kis.27:24; Kej.l8:22-33, 19:29.