Sunday, February 20, 2011

BERDOA SENANTIASA DALAM ROH YUDAS 1:20; 1 KOR 14:14-15

acuan BERDOA DALAM ROH terbit tanggal 15 oktober 2010


Bagaimana dapat berdoa dalam Roh Kudus?
Untuk berdoa dalam Roh memerlukan bahasa lidah, sebab kalau dengan kata kata sendiri itu, belum berdoa dalam Roh menurut definisi Firman Tuhan dalam ayat ini. Tuhan menghendaki kita trus berdoa dalam Roh, ini pasti sangat berfaedah bagi kita. Kalau kita bedoa beberapa menit saja kita dikuatkan dan bersukacita, apalagi kalau berjam jam berdoa dengan bahasa  Roh. Tuhan menghendaki hal ini. Ini yang menyebabkan kita selalu penuh dengan Roh. Efesus5:16, dipimpin oleh Roh dan tidak menurut tabiat kehendak duniawi Galatia 5:16. Kalau kita selalu penuh dengan Roh kita akan lebih mudah melakukan kehendak Allah.
Pada akhir zaman ini umat Tuhan harus senantiasa berdoa dalam Roh dan kebenaran Yohanes 4:23. Supaya rencana Allah itu dapat dinyatakan dan disempurnakan dalam diri kita.
Akibat kalau kita terus menerus berdoa dalam Roh Kudus:
1.      Kemuliaan Tuhan makin nyata Kel.34:29. Kalau kita makin banyak berkata kata dengan Tuhan (dengan bahasa lidah) 1Kor14:2 maka kemuliaan Allah makin nyata.
Mis: Musa rupanya bersinar sinar, sebab banyak berkata kata dengan Allah.
Wajah 120 murid Tuhan diloteng Yerusalem menjadi lain Kis.2:12.
Kemuliaan Allah ada diatas kita yang terus menerus menyembah. Perh. 2Taw 5:13-14

2.      Minyak dalam pelita dan tempat minyak kita akan terus penuh, inilah tandanya orang bijak dihadapan Tuhan Mat.25:4. Dan menjadi orang yang kuat dalam Tuhan yang tidak dapat dikalahkan dalam zaman Antikris seperti 2 saksi Wah.11:4-5. Sebab itu ambillah waktu sebanyak banyak untuk berdoa/menyembah Allah dengan akal maupun dengan Roh.

3.      Berjaga jaga. Ef. 6:18.
Roh Kudus didalam kita membuat kita peka akan suaraNya yang menasehati kita supaya tetap pada jalan Allah. Roh Kudus mengingatkan kita Yoh 16:15, lebih lebih kalau Tuhan Yesus datang, tahu tahu suara nafiri Allah diteruskan kepada kita dan sekaligus diubahkan dalam sekejap.

4.      Dalam dalam kepenuhan Roh Kudus, hal ini seringkali karunia karunia Roh dinyatakan kepada kita 1 Kor 12:7-11.
Jadi kalau kita rindu mendapat pimpinan dan karunia karunia Roh, berdoalah dengan limpah dalam Roh. Sangat indah kalau kita menurut pimpinan Roh Kudus, itulah sikap dan tindakan yang terbaik.

5.      Menciptakan buah Roh dalam diri kita. Gal5:22-23
Adalah kehendak Allah agar tiap tiap orang Kristen menghasilkan buah Mat. 3:18 dan buahnya itu kekal adanya Yoh.15:16. Yang tidak berbuah akan dikerat Mat.3:10; Yoh 15:2. Dan yang berbuah akan dibersihkan agar berbuah lebih lebat lagi Yoh.15:5. Dan nama Tuhan akan dimuliakan sebab buah yang lebat Yoh15:8.

Kesimpulan: Jelaslah begitu heran Bahasa lidah itu (Berdoa dalam Roh).
Begitu banyak faedahnya. Jangalah melarang orang berkata kata dalam bahasa Roh  1Kor14:39. Dan kita sendiripun biarlah limpah dengan bahasa lidah, menjadi kekuatan dan faedah besar bagi kita.
Lidah adalah anggota yang paling sulit ditaklukan Yak3:8, tetapi justru waktu seseorang penuh Roh Kudus, ia akan dikuasai Roh Kudus.
Kalau lidah ini, dikuasai semua hidup dapat dikuasai Yak. 3:2-4.
Sebab itu serahkan hidup dan lidah ini kepada Tuhan didalam tangan Roh Kudus, maka hidup kita akan berubah menjadi lain. Sebab kang atau kemudi ada didalam tangan Roh Kudus