Sunday, March 6, 2011

JADIKAN SEKALIAN BANGSA MURIDKU Matius 28 : 18 – 20.


Matius 28:18. SEGALA KUASA ADA DIDALAM TANGAN TUHAN.
Sesudah Anak Manusia setia sampai mati, maka Allah mengaruniakan kepadaNya segala kuasa       Filipi.2:8-`11. Untuk apa  segala kuasa (Kuasa yang paling besar) ini diberikan kepada Yesus?
Adalah untuk menyelamatkan manusia. Ini saja rencana dan kehendak Allah 2 Petrus 3:9. Allah tidak punya tujuan lain, hanya untuk menyelamatkan manusia yang mau percaya.
Juga kuasa itu diberikan oleh Tuhan Yesus kepada orang orang yang sungguh sungguh mau ikut dalam proyek yang mulia ini. Sebab itu tanda menyertai orang orang yang percaya yang mau pergi memberitakan Injil. Markus 16:17-21. Inilah hidup yang berkenan pada Tuhan , ikut serta secara langsung dalam proyek satu-satunya dari Allah. Sebab itu hendaklah kita tulus dan sungguh sungguh ikut serta dalam proyek ini, Allah sangat senang dengan orang seperti ini. Inilah kasih yang paling besar yaitu untuk menyelamatkan manusia untuk hidup kekal Yohanes3:16.
Ayat 19. MENJADIKAN MURID.
Ada perbedaan antara memberitakan Injil dan mengajar menjadi murid.
Oleh pemberitaan Injil orang orang berdosa yang mau percaya, bertobat sehingga dilahirkan baru menjadi seorang beriman. Tetapi ini belum cukup sekalipun oleh percaya menjadi selamat, diampuni dan dilepaskan dari dosa-dosanya. Orang orang seperti ini disebut pengiring Kristus (pengikut Kristus secara umum). Kalau orang orang itu sungguh sungguh mau, maka Roh kudus dan Firman Tuhan mendapat tempat dalam hatinya, apalagi kalau ia bertekun dalam doa dan Firman Tuhan, maka Roh kudus akan mendorong lebih lanjut untuk menjadi murid Tuhan. Murid berarti terus belajar dan meningkat, sebab itu ia terus tumbuh dalam iman,sehingga semakin lama ia akan menjadi sama seperti Kristus 1Korintus11:1.
Dalam Kemah Suci (Tabernakel) dapat kita lihat:
Orang berdosa = luar halaman; Pengiring Kristus atau orang percaya atau murid yang sembunyi = halaman; Murid yang sungguh sungguh belajar (tidak sembunyi) = Ruangan Suci; Murid yang sama seperti Guru = Ruang Maha Suci. Perhatikan perbandingan pengiring – pengiring Tuhan:
Pengikut biasa itu jumlahnya banyak, Tuhan mengajar mereka seperti biasanya – Markus 10:1.
Murid murid yang biasa ada 70 orang. Lukas 10:1. Murid yang selalu bersama Tuhan, ada 12 orang. Lukas .9:1. Jadi makin tinggi makin sedikit jumlahnya, sebab ini memerlukan penyangkalan diri dan penyerahan sepenuhnya.
Itulah sebabnya bahwa jalan lebar itu banyak orangnya sebab tak perlu penyangkalan diri dan dapat berbuat sekehendaknya sendiri Matius .7:13-14. Jadi jangan kecil hati kalau jumlah itu makin sedikit, tetapi makin tumbuh seperti Yesus.
BAGAIMANA DAPAT BERTUMBUH SEHINGGA JADI MURID ?
1.      Seleksi spontan, artinya: Tanpa banyak usaha manusia, dengan sendirinya masuk dalam tingkatan-tingkatannya sendiri. Ini semua adalah karena pekerjaan Rohkudus dan Firman Tuhan. Partisipasi masing masing akan kebenaran Firman Allah..
2.      Seleksi dan bimbingan terpimpin.
Disini pemuridan diorganisir  oleh orang - orang tertentu secara khusus, tetapi juga dipimpin oleh Rohkudus dan Firman. Ada bimbingan orang secara pribadi (”dikirim” Tuhan).
Mis. Pilipus membimbing Sida Habsy secara pribadi Kisah Para Rasul 8:35.; Barnabas membimbing Paulus Kisah Para Rasul11:25. Priskila dan Akila membimbing Apolos Kisah Para Rasul 18:2.;Paulus membimbing Timotius Kisah para Rasul 16:2.
Sebab itu belajarlah secara pribadi membimbing orang Kolose 1:28. Lebih lebih kalau ada banyak waktu atau kesempatan, berikan  kebenaran2 Firman dengan lengkap Kisah Para Rasul 20:20-27 bahkan mencukupkan yang masih kurang 1Tesalonika3:10.
Bimbinglah orang berdosa kepada kebenaran bahkan sampai kesempurnaan.
Ayat 20. TUHAN BESERTA SAMPAI SELAMA-LAMANYA.
Mengajarkan semua yang kita ketahui, jangan menyembunyikan apa-apa, justru beri sampai ”habis” maka kita berlimpah. Amsal 11:24-25. sehingga mereka tumbuh.
Lakukanlah pelayanan tersebut diatas, jangan takut tantangan, ancaman, kesukaran. KETAHUILAH BAHWA ALLAH MENYERTAI.