Sunday, February 6, 2011

KOTA ALLAH JERUSALEM BARU. Ibrani 12:22-28

Pengharapan yang disediakan oleh Allah bagi orang yang berkenan kepadanya yaitu kota Allah Jerusalem Baru.

1. Kota ini dibngun oleh Allah Ibrani 11:10; perhatikan Yohanes 14:2-3. Kalau kota buatan manusia, banyak sekali penderitaan/kesulitan dan air mata, tapi kota yang dibangun oleh Allah adalah kota yang mulia yaitu Jerusalem Baru. Sebab arsiteknya adalah Allah sendiri.
2. Pintunya dijaga oleh Kerubium dan tetap terbuka band. Kejadian 3:24.
Waktu manusia pertama yaitu Adam dan Hawa jatuh kedalam dosa, mereka diusir dari Taman Eden dan tidak boleh masuk lagi untuk mengambil buah pohon kehidupan, manusia berdosa tidak dapat menembus Kerub yang menyala nyala. Hanya orang benar yang boleh masuk dan mengambil buah pohon kehidupan. Wahyu 22:14-15

   I. Yesus Pengantara Perjanjian Baru.
Yesus Kristus disebut sebagai Adam II telah menerobos/membuka pintu/Kerub untuk masuk kota Allah Roma 5:15; 1 Korintus 15:45. Adam I tidak boleh masuk sedangkan Adam ke II telah masuk mengambil pohon kehidupan itu. Dengan demikian Adam ke II lah yang telah merintis jalan ke Jerusalem Surgawi Ibrani 4:14.
Proses menerobos pintu/Kerub kota Allah:
Dalam Ibrani 13:12-13. Yeus telah mati diluar pintu gerbang untuk menebus/menyelamatkan umat atau orang orang percaya dengan darahNya, mari kita datang kepadaNya dan kita akan dibawa masuk melalui pintu gerbang.
Band. dengan Matius 27:1-25; Markus 15:1-15; Lukas 23:1-25; Yohanes 18:28- 19:22. Pilatus tidak mau keluar dari negrinya atau jabatannya/posisinya untuk menanggung kehinaan bagi Yesus. Pilatus melemparkan kepada pengadilan agama, kemudian pada pengadilan pemerintah, dan kemudian memunculkan suara demokrasi dengan berkata ”Salibkan Dia, Salibkan Dia !”.
Akhirnya Yesus disiksa atau cemeti, daging dang darahnya tercecer, tapi tidak pingsan dan tidak mati. Yesus tidak akan mati didalam kota tetapi diluar kota yaitu di Golgota. Pilatus tidak mau keluar dari negrinya = jabatannya atau keadaanya untuk mengikut Yesus keluar pintu gerbang atau mengikut salib.
Pengalaman Yesus ini sudah dinubuatkan ribuan tahun yang lalu, Imamat 4:8-12, lemak, kulit, perut, daging, kotoran harus dibakar semua diluar perkemahan (dipembuangan abu). Demikian pula kulit = dosa turunan, daging = hawa nafsu, kepala = pikiran, betis = perjalanan hidup  semuanya harus dibakar diluar pintu gerbang yaitu pada salib Kristus Roma 6:6; Galatia 5:24. Jadi Yesus telah menerobos pedang salib itu dan pintu kota Alah sudah terbuka. Didalam Yesus kita dapat masuk pada kota Allah, Jerusalem Baru. Jangan sia siakan kesempatan ini (sekarang waktunya), Yesus mau kita masuk kedalam kota Allah Jerusalem Baru.
   II. Pastikan namamu tercatat dalam kitab kehidupan Wahyu 21:27.
Yang tidak tercatat namanya akan tertinggal diluar kota Allah, sebab waktu Yesus disalib diluar kota tidak mau mengikutNya (sekarang ini), maka mereka akan dihukum. Tetapi berbahagialah yang telah bersama Yesus mau memikul salib dan menyangkal diri, artinya mereka membasuh jubahnya dan akan bersama Yesus, masuk kekota Allah, Yerusalem baru.
   III. Beribadalah kepada Alah dengan cara yang berkenan..........

Nyanyian
1. Pada suatu bukit jauh dari sini. Lihat salib Tuhan berdiri. Spotong kayu kasar tanda dosa besar. Di sana Tuhanku tlah mati
2. Oh kayu yang kasar dihinakan dunia. Bawa kelepasanku tetap. Bagiku sebabnya Tuhan ke Joljuta, menebus smua dosaku gnap.
3. Dari kayu salib mengalir darahNya waktu Yesus disengsarakan. Sana Dia dihojat juga disiksakan yang membawa slamat di dunia.
4. Pada kayu salib kutinggal setia. Serta terima hojat sendirian. Sebab sungguh ku turut Tuhan kesana. trima mahkota perjanjian
REFF:
Kudatang pada salib itu. Ku ingat cintaNya Tuhanku. Ya jatuh pada kakiNya. kakiNya sana kudapat ampun dosa